promosi dan pemasaran

Promosi dan Pemasaran

promosi dan pemasaran sudah menjadi kata yang tidak asing di dengar dalam sebuah perusahan besar ataupun para pedagang kecil dan umkm. Secara sederhana masyarakat mengartikan pemasaran sebagai penjualan atau menjual produk maupun jasa, namun ternyata pemasaran tidaklah sesederhana itu.

Menurut pakar pemasaran dunia Philip Kotler, pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial yang di dalam individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Dalam prakteknya pemasaran membutuhkan strategi dan perencanaan yang matang guna mencapai tujuan

Di dalam pemasaran terdapat beberapa factor yang mempengaruhi seperti diantaranya tempat (place), kualitas produk (product), harga jual (price) dan kegiatan promosi (promotion). Dari berbagai factor tersebut, kita akan membahas salah satu diantaranya yaitu kegiatan promosi yang dianggap menjadi sangat penting untuk memperkenalkan produk maupun untuk meningkatkan penjualan produk.

Kegiatan promosi pada saat sekarang ini bisa dilakukan secara online yaitu dengan dukungan dari kemajuan teknologi yang sangat pesat dan juga bisa dilakukan secara offline yaitu langsung bertatap muka dengan masyarakat. Dari kegiatan ini diharapkan masyarakat memiliki pengetahuan terhadap produk mulai dari spesifikasi, harga dan keunggulan dari produk tersebut.

Bagi perusahaan atau penjual, kegiatan promosi secara offline utamanya tidak hanya untuk memperkenalkan produk saja namun juga untuk memperkenalkan diri sebagai pihak yang menyediakan keperluan maupun kebutuhan masyarakat. Untuk itulah perusahaan maupun penjual biasanya memberikan souvenir promosi sebagai bentuk eksistensi sekaligus mendekatkan diri kepada masyarakat.

Keuntungan lainnya yang bisa didapat oleh perusahaan/penjual yang memberikan souvenir promosi yaitu memberikan kesan yang positif bagi perusahaan/penjual sehingga dapat menarik perhatian masyarakat untuk membeli dan menggunakan produk yang dijual. Pemberian souvenir promosi tersebut juga menjadi salah satu cara agar masyarakat sebagai konsumen bisa mempertahankan loyalitas untuk terus berlangganan produk yang dikeluarkan oleh perusahaan/penjual.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *