Teknik Percetakan Zaman Now

Nilai kualitas konten

 Teknik Percetakan Zaman Now

Hi, berbicara tentang teknik percetakan seperti yang kita tahu di zaman sekarang kebanyakan orang mempromosikan barang atau jasanya lewat media sosisal namun tak sedikit pula yang masih memasarkan barang atau jasanya melalui ikan cetak seperti memasang spanduk ataupun banner di pinggir jalan, membagikan brosur sampai membagikan souvenir perusahaan. Nah bagi kalian yang kurang paham atau mungkin yang belum tahu tentang percetakan, kali ini kita akan membahas tentang pengertian, dan jenis-jenis teknik percetakan.

  1. Pengertian percetakan

Percetakan adalah suatu proses yang dikerjakan untuk memproduksi secara massal berupa tulisan ataupun gambar dengan menggunakan sebuah mesin cetak serta tinta yang di taruh diatas kertas maupun bahan.

(sumber: wikipedia)
  1. Jenis-Jenis teknik percatakan

Bagi kamu yang belum tahu, percetakan juga memiliki banyak sekali teknik atau cara mencetak yang berbeda-beda hal ini dikarenakan sekarang tidak hanya kertas atau bahan saja yang bisa di cetak namun bahan yang keras sekalipun bisa di cetak dengan tulisan ataupun gambar contohnya di pulpen, kayu dan lain sebagainya. Nah berikut jenis-jenis teknik percetakan yang mungkin membantu anda yang ingin membuka jasa percetakan sendiri.

  • Sablon

sablon

Yang pertama ini ada sablon, jenis percetakan ini mungkin sudah tidak asing bagi kita, jenis percetakan ini biasa di aplikasikan di sebuah bahan seperti kaos namun sekarang ini sablon juga bisa di aplikasikan di pulpen, pelastik, kaca, kayu dan yang lainnya. teknik ini memiliki keunggulan seperti, hasilnya lebih stabil, biaya bahan cetaknya yang cukup terjangkau, bisa di gunakan dalam aneka jenis permukaan bahan, sampai bisa mengasilkan efek seperti timbul, mengkilap dan lain sebagainya. Dengan kelebihan, dan cara tekniknya yang cukup mudah di pelajari membuat teknik ini sangat populer di kalangan masyarakat.

  • Grafir

grafirTeknik grafir merupakan teknik cetak yang mengikis sebagian permukaan bahan material dengan pola tertentu. Teknik ini biasanya di gunakan di permukaan yang halus dan licin seperti alat tulis, trophy dan lain sebagainya. Untuk melakukan percetakan alat ini memerlukan mesin grafir yang akan secara otomatis  mencetak design yang sudah di buat. Teknik ini juga hampir mirip dengan teknik laser.

 

  • Digital printing

digital printingTeknik ini merupakan teknik yang mengubah design dalam bentuk digital menjadi produk cetak dengan hasil yang cukup baik. Teknik ini memiliki keunggulan seperti memiliki hasil yang lebih rapih dan jelas, pengerjaannya yang lebih cepat, serta pemilihan warna yang lebih beragam.

 

 

Nah itu tadi beberapa teknik percetakan atau printing yang bisa kalian coba, semoga bermanfaat. Terima kasih

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *