Jenis-jenis Teknik Sablon

Nilai kualitas konten

Jenis-jenis Teknik Sablon

Hi, kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis teknik sablon yang mungkin belum kalan ketahui. Teknik sablon merupakan salah satu teknik percetakan yang menggunakan alat bantu berupa screen sablon atau film sablon, teknik ini biasa di apikasikan pada kaos, namun dengan seiring berjalannya waktu teknik sablon ini memiliki perkembangannya sendiri. Nah tak perlu panjang lebar langsung saja, berikut jenis-jenis teknik sablon baru-baru ini:

  1. Sablon manual

teknik sablon sablon manual

Yang pertama ada teknik sablon manual, teknik ini mungkin sudah tidak asing lagi di masyarakat kita karena teknik sablon manual ini merupakan teknik utama pada saat teknik sablon muncul. Dalam pengerjaannya teknik ini menggunakan tenaga tangan manusia yang dikerjakan secara manual dengan menggunakan alat screen sablon dan tinta sablon.

Teknik ini sangat mengandalkan keahlian tukang gesut dalam produksinya untuk menghasilkan kualitas yang terbaik karena biasanya dalam menggesut tinta, tekanan tinta dapat berbeda-beda setiap gesutan hal ini yang sangat berpengaruh pada ketebalan tinta yang menempel pada kain. Tak hanya itu teknik seblon manual ini membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup besar dalam produksinya, namun di saping itu semua teknik sablon manual juga memiliki keunggulan yaitu harga produksinya yang murah. Hal inilah yang mengakibatkan teknik sablon yang satu ini masih eksis sampai sekarang.

  1. Sablon otomatis

teknik sablon otomatis ini merupakan pengembangan dari teknik sablon manual, hanya saja dalam proses gesut pada teknik ini sudah tidak lagi menggunakan tangan manusia melainkan di gantikan dengan mesin.

teknik sablon ini memiliki keunggulan tersendiri mulai dari kecepatan produksi, warna dan kulitas sablon yang lebih presisi dibandingkan dengan teknik sablon manual, hingga dapat mengurangi penekana budget untuk tinta karena kita dapat mengatur banyaknya tekanan dan volume tintan yang tertuang di atas screen sablon.

Disamping keunggulan teknik sablon ini juga tidak terlepas dari permasalahan harga mesinnya yang lumayan mahal, jadi tidak semua rumah produksi dapat membeli mesin sablon ini.

  1. Sablon digital

Teknik sablon yang satu ini sudah tidak lagi menggunakan screen sablon untuk mencetak, screen sablon digantikan oleh mesin printer atau cutter. Teknik ini cocok untuk kalian yang hanya ingin mengoperasikan mesin lewat computer saja tanpa harus berhadapan dengan tinta atau dengan alat sablon lainnya biasanya teknik ini di gunakan saat mencetak di flashdisk, pulpen, dan lain sebagainya.

5/5 (1)
Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *